Jumat, 26 Juli 2013

Untungnya Kiel Homeschooling

Diposting oleh Astri di 18.50
Judul postingan saya kali ini benar-benar sebagai pengucapan syukur saya atas perkembangan proses homeschooling Kiel selama 2 minggu ini. Selama ini saya terus mencari materi yang tepat untuk Kiel.
Di awal, Kiel sempat belajar membaca, matematika dan sains bersamaan, tapi kemudian saya dan Egi (gurunya Kiel) seperti mengevaluasi yang cocok buat Kiel, kalo sementara dengan kemampuan baca Kiel sekarang dia langsung belajar sains, apa bedanya dengan sekolah umum? Kiel akan dipaksa untuk seolah-olah mengerti materi, padahal semua materi masih dibantu dibacakan.
Akhirnya saya terpikir untuk sains lebih baik ditunda sampai Kiel benar-benar bisa membaca, toh untuk praktek sains itu sendiri dari kehidupan sehari-hari masih bisa dilakukan. Itulah yang membuat saya terpikir, untungnya Kiel homeschooling, semua materi benar-benar bisa disesuaikan ke setiap masing-masing anak, karena kita tahu kemampuan setiap anak sampai dimana, kita tidak akan memaksakan anak untuk ikut pura-pura mengerti karena dikejar silabus atau kurikulum.
Kembali lagi, untungnya Kiel homeschooling, sehingga sains bisa ditunda sampai Kiel siap, coba kalo Kiel bersekolah, pastinya Kiel akan sangat tidak mengerti materi yang dipelajari di sains itu sendiri.
Untuk para orang tua yang baru memulai homeschooling seperti saya, jangan takut untuk terus mengevaluasi metode apa yang cocok untuk anak-anak kita, bukan berarti mereka kelinci percobaan atau eksperimen kita, tapi percaya saja, bahwa kita orang tuanya pasti lebih tau yang terbaik untuk mereka

0 komentar:

Posting Komentar

 

School at Home Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea